Minggu, 14 Oktober 2012

Pengertian Etika, Etika Bisnis, penerapan dalam kehidupan sehari-hari



Pengertian Etika
Etika berasal dari bahasa latin, Etica yang berarti falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut pandang budaya, susila dan agama. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos ayng berarti kebiasaan, watak. Etika memiliki banyak makna antara lain :
1. Semangat khas kelompok tertentu, misalnya ethos kerja, kode etik kelompok profesi.
2. Norma-norma yang dianut oleh kelompok, golongan masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik dan benar.
3. Studi tentang prinsip-prinsip perilaku yang baik dan benar sebagai falsafat moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.

Etika juga memiliki pengertian arti yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu.
• Bagi ahli falsafah, etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas.
• Bagi sosiolog, etika adalah adat, kebiasaan dan perilaku orang-orang dari lingkungan budaya tertentu.
• Bagi praktisi profesional termasuk dokter dan tenaga kesehatan lainnya etika berarti kewajiban dan tanggung jawab memenuhi harapan (ekspektasi) profesi dan masyarakat, serta bertindak dengan cara-cara yang profesional, etika adalah salah satu kaidah yang menjaga terjalinnya interaksi antara pemberi dan penerima jasa profesi secara wajar, jujur, adil, profesional dan terhormat.
• Bagi eksekutif puncak rumah sakit, etika seharusnya berarti kewajiban dan tanggung jawab khusus terhadap pasien dan klien lain, terhadap organisasi dan staff, terhadap diri sendiri dan profesi, terhadap pemrintah dan pada tingkat akhir walaupun tidak langsung terhadap masyarakat. Kriteria wajar, jujur, adil, profesional dan terhormat tentu berlaku juga untuk eksekutif lain di rumah sakit.
• Bagi asosiasi profesi, etika adalah kesepakatan bersamadan pedoman untuk diterapkan dan dipatuhi semua anggota asosiasi tentang apa yang dinilai baik dan buruk dalam pelaksanaan dan pelayanan profesi itu.

Pengertian Etika bisnis
Etika bisnis sepertinya diketahui adalah  secara sederhana suatu solusi untuk  melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu perusahaan dan masyarakat, penerapan etika bisnis pada kehidupan sehari-hari sangat perlu dilakukan karena akan sangat berguna. Karena dalam kehidupan kita sehari –hari sangat memerlukan suatu sikap atau lebih di kenal dengan etika, dan dalam kehidupan masyarakat nama bisnis sudah tidak asing lagi, banyak masyarakat yang ingin berbinis. Tapi klo hanya berbinis tidak diimbangi dengan etika yang benar, maka sama saja dengan sayur tanpa garam.

Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari
pentingnya etika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan pencegahan plagiarisme. Etika memberi batasan-batasan nilai manusia dalam berperilaku, antara hal yang baik dan hal yang buruk juga antara hak dan kewajiban. Dengan menjalankan etika, seseorang akan terhindar dari perilaku yang buruk dan tidak bertanggung jawab seperti melakukan plagiarisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar